KEBIASAAN YANG BIKIN MOTOR MATIC CEPAT RUSAK

Mr. Montir News

Menghadirkan berbagai artikel menarik tentang dunia otomotif, khusus-nya sepeda motor dan gaya hidup pengendara.

Halo sobat MONTIR, motor jenis matic saat ini tetap menjadi sepeda motor dengan pengendara terbanyak di Indonesia. Penggunaannya yang mudah membuat orang lebih nyaman menggunakan motor matic. Selain itu, harga motor matic tergolong murah dibanding jenis motor lainnya.

Di balik kelebihannya, motor matic juga mempunyai kelemahan. Jika tak dirawat dengan baik, motor matic lebih rentan rusak dibandingkan jenis motor lain. Berikut ini kebiasaan yang dapat merusak motor matic.

1. Asal tarik gas

Menggunakan motor matic tak boleh sembarang tarik gas, sebab rem bisa membuat part lebih cepat rusak. Jika hal tersebut terus dilakukan, dapat berakibat kerusakan pada bagian dalam CVT (Transmisi Matic).

2. Menarik gas sambil menarik rem

Kondisi ini biasanya terjadi ketika berada dalam kemacetan. Pengendara motor matic seringkali menahan gas sambil melakukan penarikan tuas rem. Hal tersebut tentunya membuat kampas kopling menjadi cepat habis ketika gas ditarik.

3. Bahan bakar sampai habis

Kesalahan besar jika Kamu mengisi bahan bakar atau bensin saat sudah hampir habis atau mencapai titik merah. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bahan bakar motor akan lebih boros.

4. Drive belt dibiarkan kotor

Sama seperti rantai, drive belt yang dibiarkan kotor atau jarang sekali dibersihkan akan mengakibatkan kerak yang membuat umur pemakaian pendek atau drive belt cepat putus. Kerak yang ada pada drive belt berasal dari debu jalanan ataupun oli yang merembes akibat seal yang bocor, sehingga masuk ke CVT yang akhirnya bercampur dengan debu.

TIGA HAL INI HARUS ADA DI BENGKEL MOTOR YANG BERKUALITAS
Previous post
TIGA HAL INI HARUS ADA DI BENGKEL MOTOR YANG BERKUALITAS
Next post
NAIK MOTOR SAAT PUASA, BERIKUT TIPS NYA AGAR TETAP FIT!
NAIK MOTOR SAAT PUASA, BERIKUT TIPS NYA AGAR TETAP FIT!